12 Perubahan, Awal dan Akhir Kuliah

Tulisan ini aku buat 4,5 tahun lalu saat menunggu pelantikan Dokter Hewan. Banyak hal yang berubah saat kuliah dan koas selama 5,5 tahun di Yogyakarta. Aku yang tadinya takut kotor dan takut pegang kucing, sekarang jadi berani :D dan ada banyak hal lainnya.
NB: ak= awal kuliah; sk = akhir kuliah

Makan
Ak     : “aku gak mau ke angkringan, g kenyang, kan itu nasi kucing..”
Sk     : “ayo ke angkringan, enak juga buat nongkrong”/ “ ayo ke angkringan, aku lagi hemat”

Kecipratan air waktu dibonceng
Ak     : “aduhhh…kakiku kena air, kotor deh..kamu sih…heuuh..”(mood turun drastis)
Sk     : “wah, kecipratan. Ya udahlah, nanti bisa cuci kaki”

Kaki (jeans) gak sengaja kena kaki waktu makan bareng
Ak     : “aduhh…kakimu ati2 lah, jeansku baru keluar dari lemari ini”
Sk     : (tendang balik) :D

Service motor, nyari kabel speedometer
Ak    : “aku maunya ke bengkel dealer resmi, ke aha**, aku g mau ke bengkel sembarangan”
-setelah ngecek kalo semua aha** tutup di hari libur-
“ya udah ayok ke bengkel biasa, tuh deket kosku ada”

Liat hal2 kotor di kos
Ak    : “hiiihh…apaan ini.gak mau tau ah, gak mau bersihin. Ini kesalahan mbak kos”
Sk     : “hmm..ya udah aku bersihin. Kebersihan sebagian dari iman. Kalo bukan diri sendiri siapa lagi. Toh aku memang hidup di sini.”

Simpan makanan di kulkas dan masak di dapur kos
Ak    : “males ah nyimpen di kulkas, campur sama macem2 punya orang” “males ah masak, dapurnya krg bersih, enaknya kalo punya dapur sendiri”
Sk     : (saat kegiatan gak banyak n pengen hemat) “hmm..enak ada kulkas, simpan sayur, simpan simpan…. Masak apa hari ini??”

Nyuci motor (di tukang cuci motor)
Ak    : “aku mau cuci motor ahh..udah agk berdebu” (2 mggu sebelumnya sudah dicuci)
Sk     : “hmm..motorku debuan. Gak sempat ah nyuciin. Toh masih berfungsi baik”

Tergiur barang
Ak    : “wah…lucu lucu lucu. Mumpung ada uang, beli ahh..”
-kemudian menyesal saat keuangan kritis dan berharap barang yang dibeli masih berupa uang-
Sk     : “hmm..bagus, tapi aku gak butuh. Ada hal lain yang lebih penting”

Pulang kampung
Ak    : minimal setiap 2 minggu pulang (Jogja-Salatiga). Maunya tiap minggu, tapi digilir sama kegiatan UKM.
Sk     : 2 bulan? 4 bulan? biasaaa…maklum, koas sibuk (Jogja-Jombang)

Cuci baju
Ak    : “bawa pulang aja bajunya, biar dicuci mesin cuci”
Sk     : “cuci sendiri, ya kalik bawa2 baju kotor pulang ke rumah, bikin berat” (jarang banget laundry karena kapok, barang rusak dan hilang)

Dalam berorganisasi aku termasuk orang yang serius dalam forum (baca=meeting). Terutama karena di tahun pertama kuliah aku ikut IMAKAHI (Ikatan Mahasiswa Kedokteran Hewan Indonesia). Aku juga orang yang (katanya) mengutamakan akademis. Semua berubah saat Negara api, eh, masa UKM KSSL (Kelompok Studi Satwa Liar) dan koas menyerang.

UKM
IMAKAHI : waktu rapat serius, berbicara tentang kedokteran hewan dan universitas2 lain yang punya fak. Kedokteran hewan (total di Indonesia ada 10)
KSSL      : sebagai kepala divisi aves yang harus memimpin rapat divisi aku bersikap serius (pada awalnya), tapi anggota2 divisi aves adalah anak2 yang suka tertawa (baca=liar). Selanjutnya aku pun ikut ‘liar’

Koas A.13.5
Masa S1          : akademis, jalan2 kalo acara UKM atau niat ke tempat wisata, gak pernah ngomongin pacar. Mungkin karena deketnya ma teman2 yang anak rumahan, sholeh2, dan gak punya pacar (atau punya tapi disembunyikan)
Masa koas       : jalan2…..(diimbangin kegiatan koas yang sering ke lapangan), cerita tentang pacar/gossip :o , setiap ada yang ultah selalu dikasih kejutan, dan sekali dua kali maen bareng2. Aku bersyukur punya teman kelompok koas yang kompak.


Aslinya, sebagian besar hal di atas yang tau cuma 'Kakak' (sekarang suami :D) aja. Makasih ya 'Kak' buat semuanya selama aku kuliah. Kamu ngajarin aku berbagi, ngajarin gak takut kotor, bahkan ngajarin gak takut pegang kucing, juga ngajarin untuk mensyukuri apa yang sudah dimiliki. Yepp, kita gak seharusnya banyak menuntut dalam hidup ini. Syukuri yang ada dan manfaatkan. :D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nonograms Tutorial, Game yang (Katanya) Sulit

Cerita Unik Penuh Hikmah di Webtoon ‘Tales Of The Unusual’ -part 1-

Cerita Unik Penuh Hikmah di Webtoon 'Tales Of The Unusual' -part 3.end-