Cerita Unik Penuh Hikmah di Webtoon ‘Tales Of The Unusual’ -part 1-

Genre   : Thriller
Author  : Seongdae Oh
Update : Rabu

Dongeng (eng: tales) biasanya diidentikkan sebagai cerita untuk anak2 yang berkisah seputar kerajaan, tentang si baik dan si jahat.  Tales Of The Unusual (ind: cerita/dongeng yang tidak biasa) ini berbeda dari dongeng biasa karena, sesuai judulnya, mengisahkan cerita2 yang tidak lazim ditemui. Aku sendiri tidak tahu apakah dongeng2 ini memang ada di Korea Selatan (asal webtoon ini) atau hanya karangan fiktif webtoon artist, Seongdae Oh. Berikut beberapa cerita dalam webtoon Tales Of The Unusual yang meskipun sedikit aneh, mengandung hikmah yang dapat dipetik dan dipelajari:

#1 AN AFRICAN INCIDENT_episode 11-16


Dua pemuda asal Korea sedang melakukan perjalanan di Afrika bersama seorang pemandu (tour guide). Suatu ketika mobil jeep mereka mogok di tengah jalan. Dua pemuda kemudian ingin mengambil jalan pintas agar cepat sampai, namun pemandu menolak karena alasan keamanan. Dua pemandu bersungut2 dan mengejek pemandu yang selalu menggaruk badannya. Beberapa saat kemudian mobil akhirnya menyala kembali, tapi pemandu mengaku tasnya hilang. Padahal tas itu berisi makanan untuk mereka bertiga. Pemandu pun kemudian memutuskan mengambil jalan pintas. Di bak belakang dua pemuda bertukar makanan diam2, rupanya tas pemandu sengaja mereka buang setelah mengambil makanannya agar pemandu mau melewati jalan pintas. Brakkk!! Jeep mereka tiba2 menabrak sebuah pohon. Dua pemuda segera turun dan menemukan pemandu pingsan karena kepalanya membentur kemudi. Dalam kepanikan datanglah sekelompok orang dari suku Yaburi dan menempatkan mereka bertiga di suatu ruangan.

Pemandu akhirnya siuman pada malam hari dan langsung dimarahi dua pemuda karena tidak menyetir dengan baik. Pemandu mengaku ia sedang sakit dan obatnya ada di dalam tas yang ‘hilang’. Dua pemuda merasa menyesal dalam hati tapi tidak bisa berbuat banyak. Pemandu kemudian bercerita bahwa mereka sudah ditangkap suku Yaburi yang kanibal dan dua pemuda akan dimakan keesokan harinya. Pemandu sendiri akan dilepaskan karena ia berpenyakit. Dua pemuda ketakutan dan memohon pada pemandu agar menyelamatkan mereka. Pemandu kemudian mengusulkan untuk menulari mereka penyakitnya melalui darah pada luka. Dua pemuda merasa tidak punya pilihan dan mereka pun setuju. Benar saja, keesokan harinya mereka dibebaskan oleh suku Yaburi.

Delapan bulan berlalu. Dua pemuda kini dirawat bersama di sebuah rumah sakit. Saat istirahat mereka menonton TV dan rupanya sebuah acara menayangkan tentang suku Yaburi. Suku Yaburi ini ternyata bukan suku kanibal. Mereka bahkan suka membantu turis yang tersesat dengan memberi ruang menginap dan akan melepaskan pada pagi hari.

Hikmah : Jangan suka berprasangka buruk dan berbuat licik terhadap orang lain :D


#2 THE RESET ELEVATOR_episode 23-26

Jaeyoung Shin, seorang pelajar yang sering dijuluki ‘blackbeard’ atau ‘the pirate king’ karena salah satu matanya buta akibat kecelakaan. Ia mendengar tentang sebuah ritual mengulang kehidupan yang dinamai reset. Yap, seperti tombol reset di alat elektronik. Jaeyoung kemudian nekat melakukan ritual itu. Jaeyoung memasuki lift sebuah apartemen, menekan angka tanggal kelahirannya, dan terakhir menekan tombol open dan close bersama2. Lift bergerak cepat hingga muncullah Jaeyoung yang lain. Jaeyoung lain mengatakan hidupnya berubah karena ibunya berselingkuh. Jaeyoung tidak percaya, yang ia tahu selama ini orang tuanya bercerai karena tidak ada kecocokan lagi. Jaeyoung segera membunuh Jaeyoung lain dengan pisau yang sudah dibawanya agar ritual selesai.

Jaeyoung berhasil, ia terlahir kembali seperti bayi namun pikirannya masih sama seperti Jaeyoung berusia pelajar. Jaeyoung menjalani kehidupan barunya hingga suatu saat tiba kejadian yang mengubah hidupnya. Ibunya berselingkuh. Tidak ingin mengulang kehidupan buruk sebelumnya Jaeyoung menggagalkan ibunya untuk berselingkuh. Ternyata berhasil. Jaeyoung tidak lagi menjadi si blackbeard di sekolah dan bahkan Jaeyoung menjadi seorang tukang bully. Suatu hari sang ayah mengajak Jaeyoung ke rumah neneknya. Di perjalanan ayahnya bercerita bahwa ibunya berubah aneh beberapa tahun terakhir. Jaeyoung yang sudah tau apa yang akan terjadi segera menyuruh ayahnya menghentikan mobil. Brakk..!! Terlambat, Jaeyoung mengalami kecelakaan yang sama dan menjadi seperti blackbeard.

Jaeyoung tidak puas dan ingin mengulang hidupnya lagi. Ia bertemu dengan Jaeyoung lain di lift dan hal yang sama terulang. Benar kata orang, reset ini hanya akan mengakibatkan mati atau gila, atau berlangsung selamanya.

Hikmah : Kita harus menerima takdir dan tetap menjalani kehidupan sebaik-baiknya. Oh ya, jangan selingkuh :P

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nonograms Tutorial, Game yang (Katanya) Sulit

Cerita Unik Penuh Hikmah di Webtoon 'Tales Of The Unusual' -part 3.end-