Sekilas tentang LINE Webtoon

Beberapa waktu lalu aplikasi LINE webtoon aktif dipromosikan di TV maupun aplikasi messenger LINE. Sebenarnya aplikasi LINE Webtoon sendiri sudah lama dirilis lho, sekitar satu tahun yang lalu. Aku sendiri termasuk salah satu pembaca aktif dari awal dirilisnya LINE webtoon. Aplikasi ini memudahkan pembaca untuk membaca webtoon2 karangan webtoon artist.

Webtoon itu apa sih?

Webtoon merupakan akronim dari website cartoon yang dipopulerkan di Korea. Webtoon ini merupakan kumpulan gambar bercerita yang dipublikasikan secara online. Webtoon dianggap sebagai bagian dari manhwa (Korea = komik).

Apa beda webtoon dengan komik biasa maupun komik online?

Webtoon hanya dipublikasikan melalui media internet dan tidak dicetak. Webtoon lebih menonjolkan gambar atau hasil visual dengan sedikit kata-kata. Hal lain yang menari adalah webtoon dapat disertai musik.

Mengenai asal usul webtoon yang lengkap bisa diakses di: https://rizkakhumairoh.wordpress.com/2014/05/03/webtoon-reasons-behind-the-phenomenon/

Webtoon di aplikasi LINE webtoon ada yang diupdate setiap hari, ada juga yang diupdate setiap minggu pada hari tertentu. Aslinya webtoon ini berbahasa inggris, namun seiring perkembangan, dibuatlah translate ke berbagai bahasa oleh pembaca. Salah satunya Bahasa Indonesia. Webtoon yang ada pun tidak hanya dari artist professional, ada pula webtoon tantangan liga dari seluruh dunia. Juki si Anak Kos adalah salah satu webtoon Indonesia yang dibuat oleh Faza Meonk.

ini dia tampilan LINE webtoon


Buat yang suka baca cerita pasti bakal suka webtoon ini. Ceritanya ada berbagai macam genre. Fantasi, Drama, Thriller, Romance, Komedi, dan lainnya. Kita juga bisa mengetahui cerita2 mitos dari Korea, seperti yang ada di webtoon Tales of the Unusual. Ada juga webtoon yang di dalamnya kita bisa sedikit tahu tentang ilmu psikologi, yaitu Dr. Frost. Beberapa contoh webtoon akan aku bahas di artikel berikutnya ya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nonograms Tutorial, Game yang (Katanya) Sulit

Cerita Unik Penuh Hikmah di Webtoon ‘Tales Of The Unusual’ -part 1-

Cerita Unik Penuh Hikmah di Webtoon 'Tales Of The Unusual' -part 3.end-